Home » » Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional Tahun 2001 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional Tahun 2001 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

EBTANAS-SMP-01-01
Norma yang mengatur masalah ketaatan dan kepatuhan bangsa Indonesia dalam beribadah, adalah ...
A. Pancasila
B. Pasal 29 ayat 1 dan 2 UUD '45
C. Pembukaan UUD'45
D. GBHN
EBTANAS-SMP-01-02
Contoh perilaku berbuat kebajjkan dalam kehidupan di lingkungan sekitar adalah ...
A. meminta maaf bila berbuat salah
B. selalu mawas diri dan mengoreksi diri
C. melaksanakan kegiatan karang taruna
D. menyantuni fakir miskin dan anak telantar
EBTANAS-SMP-01-03
Cara mensyukuri nikmat karunia Tuhan berupa kemerdekaan RI adalah …
A. merayakan peringatah kemerdekaan secara semarak
B. mengisi kemerdekaan dengan berbagai aktivitas setiap hari
C. menekuni berbagai aktivitas yang dapat dilakukan seusiamu
D. mengisi kemerdekaan dalam bentuk kegiatan yang diridhoi-Nya
EBTANAS-SMP-01-04
Salah satu wujud sikap mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa adalah ...
A. memperjuangkan hak dan kewajiban dengan baik
B. membangkitkan rasa saling mencintai sesama manusia,
C. memberikan bantuan kepada orang yang sangat membutuhkan
D. menumbuhkan sikap sopan dan ramah kepada setiap orang
EBTANAS-SMP-01-05
Hikmah utama yang terkandung dalam peringatan hari besar keagamaan bagi umatnya adalah ...
A. mempertebal rasa percaya diri
B. memperkuat persatuan dan kesatuan
C. mempererat tali persaudaraan
D. meningkatkan keimanan dan ketakwaan
EBTANAS-SMP-01-06
Akibat yang dapat ditimbulkan dari perpecahan antarumat beragama dalam kehidupan bermasyarakat adalah ...
A. terbentuknya kelompok yang fanatik terhadap ajaran agamanya
B. terjadinya disintegrasi dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
C. timbulnya motivasi untuk membina dan mengernbangkan keimanan.
D. tergeraknya hati setiap pemeluk agama untuk membela agamanya
EBTANAS-SMP-01-07
Makna Bhinneka Tunggal Ika adalah ...
A. perbedaan akan mendorong adanya persatuan
B. dengan perbedaan akan terhindar dari perpecahan
C. di dalam perbedaan terdapat persatuan
D. berbeda-beda tetapi satu bangsa
EBTANAS-SMP-01-08
Contoh perbuatan tenggang rasa dalam kehidupan bermasyarakat adalah ...
A. menghargai kebebasan untuk melaksanakan ibadah
B. melaksanakan kegiatan keagamaan meskipun berbeda keyakinan
C. menghindari jalan tertentu yang digunakan untuk upacara agama
D. ikut mendirikan sarana peribadahan milik penganut agama lain
EBTANAS-SMP-01-09
Ciri-ciri orang yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah ...
A. menaati perintahNya meninggalkan laranganNya .
B. menganjurkan orang lain untuk rajin ibadah
C. sering menegakkan kebenaran dan keadilan
D. pasrah kepada kehendak dan takdir Tuhan


EBTANAS-SMP-01-10
Jaminan warga negara dalam melaksanakan ibadah dan memeluk agama sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya tercantum dalam UUD 1945 pada ...
A. pembukaan
B. batang tubuh
C. pasal 29 ayat 1
D. pasal 29 ayat 2
EBTANAS-SMP-01-11
Contoh perilaku yang tidak menghormati orang lain dalam melaksanakan ibadah adalah ...
A. membiarkan orang lain tidak beribadah
B. membiarkan orang lain meiaksanakan ibadah
C. menciptakan suasana yang mengganggu ketenangan ibadah
D. membiarkan tata cara orang lain berbeda dengan tata cara ibadah kita
EBTANAS-SMP-01-12
Contoh kerjasama antarumat beragama dalam bidang sosial kemasyarakatan adalah ...
A. menginformasikan kegiatan keagamaan
B. bersama-sama mengentaskan kemiskinan
C. memperingati hari besar keagamaan bersama
D. menggunakan tempat peribadahan bersama
EBTANAS-SMP-01-13
Pentingnya kerjasama antarumat beragama di Indonesia untuk ...
A. meningkatkan kualitas keimanan seseorang
B. menciptakan satu kesatuan ajaran agama
C. menjalin silaturahmi antarumat beragama
D. memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuati
EBTANAS-SMP-01-14
Salah satu contoh sikap mencintai kebersihan di lingkungan masyarakat adalah ...
A. ikut kerja bakti membersihkan parit yang tersumbat
B. melaksanakan tugas kebersihan di kelas dengan baik
C. membiasakan mandi serta memakai pakaian yang bersih
D. mendiamkan orang lain membuang sampah sembarangan
EBTANAS-SMP-01-15
Salah satu contoh hak asasi manusia yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama adalah ...
A. hak hidup
B. hak kebahagiaan
C. hak keadilan
D. hak kebebasan
EBTANAS-SMP-01-16
Pasal 28 dalam UUD1945 mengatur ...
A. kebebasan mengeluarkan pendapat
B. kebebasan memeiuk agama
C. hak memperoleh pendidikan
D. kewajiban membayar pajak
EBTANAS-SMP-01-17
Salah satu contoh sikap menghormati orang lain dalam masyarakat adalah tidak ...
A. semena-mena terhadap sesama
B. membeda-bedakan suku seseorang
C. menyombongkan diri di masyarakat
D. memperdulikan tindakan orang lain
EBTANAS-SMP-01-18
Contoh perbuatan yang bermanfaat bagi diri sendiri adalah ...
A. olah raga secara teratur
B. merayakan pesta besar-besaran
C. istirahatkerja sepuas-puasnya
D. selalu makan yang bergizi
EBTANAS-SMP-01-19
Kesadaran bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari bagi setiap insan sosial sangat penting sebab ...
A. setiap orang selalu dibutuhkan orang lain
B. setiap orang saling membutuhkan orang lain
C. dalam kehidupan ada yang kuat dan ada yang lemah
D. masyarakat berkembang karena ada kesadaran jjwa yang kuat.
EBTANAS-SMP-01-20
Perilaku warga yang belum melaksanakan kesadaran hukum adalah ...
A. mengkritik pejabat negara melalui media massa
B. memanfaatkan lahan kosong untuk posyandu
C. seizin yang berwajib melakukan aksi unjuk rasa
D. menyelesaikan berbagai permasalahan dengan uang.
EBTANAS-SMP-01-21
Hak dan. kewajiban warga negara di dalam hukum dan pemerintahan diatur dalam UUD 1945 pada ...
A. pasal 27 ayat 1
B. pasal 29 ayat 1
C. pasal 30 ayat 1
D. pasal 33 ayat 1
EBTANAS-SMP-01-22
Salah satu contoh perilaku kepedulian terhadap lingkungan adalah ...
A. selalu memperhatikan tetangganya
B. turut menjaga keamanan di kampungnya
C. berpartisipasi dalam kegiatan ibadahnya
D. turut memperbaiki pagar rumahnya
EBTANAS-SMP-01-23
Kita harus mengutamakan kewajiban daripada hak karena ...
A. jika haknya didahulukan, orang akan malas melakukan kewajiban
B. membiasakan seseorang menderita dahulu, baru mengharapkan hasil
C. dapat mewujudkan ketertiban dan keserasian dalam masyarakat
D. seseorang akan merasa puas menerima haknya setelah bekerja
EBTANAS-SMP-01-24
Makna kepedulian terhadap hak dan kewajiban selaku warga negara adalah seseorang warga negara harus ...
A. memperhatikan dan melaksanakan hak dan kewajibannya
B. memperhatikan dan menghayati hak dan kewajibannya
C. menghayati dan mendalami hak dan kewajibannya
D. mempelajari dan menghayati hak dan kewajibannya
EBTANAS-SMP-01-25
Sikap siswa yang mencefminkan persatuan dan kesatuah dalam, lingkungan sekolah adalah ...
A. memusuhi teman yang suka tawuran
B. memilih teman yang baik akhlaknya
C. menghindarkan diri dari permusuhan
D. selalu mengerjakan tugas bersama-sama
EBTANAS-SMP-01-26
Menjalin persatuan dan kesatuan bangsa dalam kehidupan bermasyarakat berguna untuk menghindari ...
A. perpecahan dalam masyarakat
B. pendapat masyarakat yang berbeda
C. kebhinneka tunggal ikaan bangsa
D. perbedaan-perbedaan suku dan agama
EBTANAS-SMP-01-27
Manakah contoh perilaku cinta tanah air?
A. Petinju profesional berjuang untuk menjadi juara.
B. Pemain bulu tangkis berjuang mempertahankan Thomas Cup
C. Penonton sepak bola fanatik mendukung tim kesayangannya.
D. Petenis mengikuti kejuaraan internasional.
EBTANAS-SMP-01-28
Wujud tanggung jawab sosial dari setiap warga dalam masyarakat adalah ...
A. kerja keras
B. mengejar cita-cita
C. rajin belajar
D. saling membantu
EBTANAS-SMP-01-29
Salah satu ciri umum yang ada pada budaya daerah adalah ...
A. kegotongroyongan
B. bentuk kesenian
C. kebiasaan berbahasa
D. sistem politik
EBTANAS-SMP-01-3
Manfaat diadakan pembinaan dan pelestarian budaya daerah dan nasional agar ...
A. tidak: tercemar dengan masuknya budaya asing
B. tetap ada dan lebih baik dari budaya asing
C. tidak kehilangan jati diri dan kepribadian bangsa
D. tetap asli walaupun zaman terus berkembang
EBTANAS-SMP-01-31
Pengertian kedaulatan adalah ...
A. hak setiap negara untuk memerintah
B. kekuasaan berada di tangan rakyat
C. kewajiban negara untuk berkuasa
D. kekuasaan tertinggi suatu negara
EBTANAS-SMP-01-32
Prinsip dasar bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat dituangkan dalam ...
A. batang tubuh UUD 1945
B. penjelasan UUD 1945
C. pembukaan UUD 1945 alinea ketiga
D. pembukaan UUD 1945 alinea keempat
EBTANAS-SMP-01-33
Membina kehidupan yang demokratis berguna untuk mengikutsertakan ...
A. semua komponen bangsa dalam mencapai tujuan bersama
B. partai politik dalam menentukan arah kebijakan pemermtah
C. para pengambil kebijakan dalam menentukan putusan
D. elite politik dalam menentukan program kerja partainya
EBTANAS-SMP-01-34
Contoh sikap rela berkorban yang dapat dilakukan siswa di sekolah adalah ...
A. memberikan hadiah untuk teman yang berulang tahun
B. selalu bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan orang lain
C. mengikuti acara kerja.bakti membersihkan sekolah
D. memberikan hadiah kepada wall kelas pada kenaikan kelas
EBTANAS-SMP-01-35
Salah satu alasan yang dapat mendorong warga negara untuk rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara dalam era pembangunan adalah ...
A. mengetahui hak dan kewajiban asasi sebagai warga negara
B. keteguhan hati menjadikan Indonesia sebagai tumpah darahnya
C. mengetahui dan memahami kebenaran peraturan yang berlaku
D. ketahanan diri yang tangguh dan semangat untuk hidup lebih baik
EBTANAS-SMP-01-36
Ikhlas berkorban demi kepentingan bangsa dapat dibina dengan berbagai cara, antara lain mendorong siswa ...
A. menjadi pengunjung perpustakaan yang baik
B. menyukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh
C. belajar dengan sebaik-baiknya di sekolah
D. hormat kepada guru dan orang tua
EBTANAS-SMP-01-37
Prasyarat utama bagi terciptanya ketahanan nasional adalah ...
A. kemajuan
B. kedisiplinan
C. ketaatan
D. kemakmuran
EBTANAS-SMP-01-38
Kedisiplinan nasional dapat diwujudkan terutama dengan ..,.
A. meningkatkan wibawa dan harga diri
B. mengawasi pelaksanaan pembangunan Nasional
C. mendukung program-program pembangunan
D. mengoreksi jalannya pemerintahan negara
EBTANAS-SMP-01-39
Salah satu contoh perilaku disiplin dalam lingkungan sekolah adalah ...
A. selalu memperhatikan petunjuk guru
B. memahami peraturan dan tata tertib sekolah
C. selalu mengerjakan tugas-tugas dari sekolah
D. datang dan pulang tepat pada waktunya
EBTANAS-SMP-01-40
Menurut UUD 1945 MPR bertugas ...
A. mencabut mandat dan memberhentikan Presiden
B. memilih dan mengangkat Presiden dan Wakil Presiden
C. mengubah Undang-Undang Dasar
D. menetapkan peraturan tata tertib majelis
EBTANAS-SMP-01-41
Dasar hukum pelaksanaan Pemilu pada tanggal 7 Juni 1999 adalah ...
A. UU No. 1 tahun 1999
B. UU No.2 tahun 1999
C. UU No. 3 tahun 1999
D. UU No. 4 tahun 1999
EBTANAS-SMP-01-42
Tujuan Pemilu di Indonesia adalah ...
A. memilih seluruh anggota DPR
B. menentukan anggota DPR dan MPR
C. memilih wakil rakyat untuk DPR dan DPRD
D. menentukan presiden dan wakil Presiden
EBTANAS-SMP-01-43
Pemilu di Indonesia merupakan sarana ...
A. pemberantasan korupsi dan nepotisme
B. pemilihan presiden yang baru
C. penentuan wakil rakyat di MPR
D. pelaksanaan pendidikan politik rakyat
EBTANAS-SMP-01-44
Asas umum dalam pemilihan umum mengandung arti ...
A. dalam memberikan suara tidak dapat diwakilkan
B. pemilih memberikan suaranya tanpa ada paksaan
C. WNI yang telah memenuhi syarat berhak ikut Pemilu
D. hasil pilihan tidak diketahui oleh orang lain
EBTANAS-SMP-01-45
Bekerja keras sangatlah bermanfaat bagi kehidupan seseorang, karena dengan kerja keras kita dapat ...
A. menjadi orang kaya
B. memenuhi setiap keinginan
C. memiliki semua kebutuhan hidup
D. meningkatkan kesejahteraan hidup
EBTANAS-SMP-01-46
Pengertian hidup sederhana adalah hidup ...
A. pas-pasan tanpa ada kekurangan
B. seadanya tanpa ada usaha
C. miskin dan serba kekurangan
D. wajar sesuai dengan kemampuan
EBTANAS-SMP-01-47
Contoh perilaku bergotong royong dalam kegiatan di masyarakat adalah bekerja ...
A. sebagai hansip yang dibayar untuk menjaga toko orang lain
B. pada proyek padat karya dan diberi upah
C. bersama-sama melakukan kegiatan siskamling
D. memperbaiki atap rumah yang gentengnya bocor
EBTANAS-SMP-01-48
Contoh perilaku yang mencerminkan pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A. gemar menabung di sekolah
B. wajar dalam bertindak
C. ke sekolah tidak berhias
D. hemat menggunakan air dan listrik
EBTANAS-SMP-01-49
Kita hendaknya menyadari bahwa walaupun kita kaya, sebenarnya harta kekayaan dan segala hak milik kita berfungsi sosial artinya ...
A. sebagai orang yang mampu kita harus banyak membantu
B. dalam harta kekayaan kita itu ada hak orang lain
C. orang kuat ekonominya tidak boleh memeras orang miskin
D. orang yang mampu dan tidak mampu hendaknya saling membantu
EBTANAS-SMP-01-50
Contoh perilaku pengendalian dalam mengembangkan sikap tenggang rasa adalah ...
A. melaksanakan ibadah bersama dengan pemeluk agama lain
B. menolong orang lain agar mendapat pujian
C. memberikan perlakuan yang adil terhadap sesama.
D. memberi perhatian terhadap lingkungan
EBTANAS-SMP-01-51
Contoh perilaku pengendalian diri dalam mengem-bangkan sikap tidak memaksakan kehendak adalah …
A. menghargai pendapat orang lain yang dengan kita
B. menganggap pendapatnya paling benar
C. menghormati keputusan yang telah ditetapkan
D. mengutamakan kebersamaan dalam kelompoknya
EBTANAS-SMP-01-52
Dampak positif sikap pengendalian diri dalam masyarakat adalah ...
A. tercipta keadaan yang aman dan tentranr
B. berkurangnya ketegangan dalam masyarakat
C. berkurangnya keserasian dalam masyarakat
D. masyarakat cepat menjadi maju dan berkembang
EBTANAS-SMP-01-53
Wujud keadilan sosial sesuai GBHN tampak dalam pernyataan ...
A. Pelaksanaan pembangunan nasional harus berlandaskan pada kemampuan seluruh rakyat Indonesia.
B. Pembangunan nasional dilaksanakan secara bertahap dan menyeluruh meliputi segala aspek kehidupan di seluruh wilayah Indonesia.
C. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan harus dapat meningkatkan kemajuan bangsa.
D. Keberhasilan pembangunan nasional terletak pada partisipasi rakyat dan para pemimpin.
EBTANAS-SMP-01-54
Kepedulian siswa SLTP terhadap sesama teman yang nasibnya kurang beruntung, dapat dilakukan dengan cara ...
A. mengumpulkan uang secara rutin
B. membantu biaya sekolahnya
C. mengangkat menjadi teman asuh
D. mencarikan bea siswa untuknya
EBTANAS-SMP-01-55
Salah satu akibat jika rakyat tidak ikut serta dalam pembangunan adalah ...
A. pembangunan tidak ada manfaatnya bagi rakyat
B. rakyat sendiri tidak dapat menikmati pembangunan
C. hasil pembangunan tidak akan bertahan lama
D. pembangunan tidak akan berjalan lancar
EBTANAS-SMP-01-56
Contoh peran serta siswa dalam pembangunan adalah ...
A. mengerjakan tugas-tugas di rumah
B. mempergunakan telepon umum
C. menabung sebagian dari uang jajannya
D. ikut membangun sarana pendidikan
EBTANAS-SMP-01-57
Salah satu contoh peran serta siswa SLTP dalam mengisi kemerdekaan adalah ...
A. menggalakkan gerakan tabungan masyarakat
B. aktif menjadi pengurus karang-taruna
C. aktif dalam kegiatan pengamanan kampung
D. menjadi anggota koperasi sekolah
EBTANAS-SMP-01-58
Sistem ekonomi yang bertentangan dengan demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila adalah ...
A. sistem ekonomi yang seluruhnya dikuasai oleh negara
B. cabang-cabang produksi yang penting dikuasai oleh negara
C. sistem perekonomian yang berdasarkan asas kekeluaigaan
D. kekayaan alam dipergunakan untuk kemakmuran rakyat
EBTANAS-SMP-01-59
Yang dimaksud dengan cabang produksi penting "dikuasai oleh negara" dalam pasal 33 ayat 2 UUD 1945 adalah wewenang negara untuk ...
A. mengatur, merencanakan, mengawasi, dan membina
B. merencanakan, melaksanakan, memanfaatkan, dan menguasai
C. mengatur, melaksanakan, memanfaatkan, dan mengelola
D. mengelola, menguasai, memanfaatkan, dan memiliki
EBTANAS-SMP-01-60
Contoh peran serta siswa dalam kegiatan koperasi di sekolah adalah ...
A. menghargai dan menghormati pengurus dan anggota koperasi
B. ikut memelihara inventaris dan barang dagangan koperasi
C. membeli barang-barang keperluan sekolah di koperasi
D. selalu memperhatikan ketentuan yang ada di koperasi
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Planet Soal - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger