Home » » Ujian Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tahun 2006

Ujian Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tahun 2006

UN-SMP-06-01
Prilaku yang didasari keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan YME dalam kehidupan sehari-hari di
1ingkungan sekolah adalah ...
A. mengikuti pelajaran dengan tekun dan rajin
B. mendengarkan nasihat guru sewaktu mengalami
kesulitan
C. berdoa sebelum dan sesudah belajar
D. menganjurkan untuk menggunakan produksi dalam
negeri.
UN-SMP-06-02
Sikap warga negara yang bangga bertanah air
Indonesia adalah ...
A. bangga menggunakan barang-barang produksi luar
negeri
B. bangga menggunakan barang-barang produksi
dalam negeri
C. menganggap produksi luar negeri lebih bagus
daripada produksi dalam negeri
D. menganjurkan untuk menggunakan produksi dalam
negeri
UN-SMP-06-03
Contoh bekerja keras dalam kehidupan keluarga dapat
dilihat di bawah ini ...
A. membuat kita disenangi oleh anggota masyarakat
B. memperlancar seluruh kegiatan di lingkungan
C. giat membantu orang tua setiap hari dalam mencari
nafkah
D. belajar, membantu orang tua dan beribadah
UN-SMP-06-04
Sikap tenggang rasa dalam kehidupan masyarakat
sangat penting dibina karena dapat ...
A. membuat kita disenangi oleh anggota masyarakat
B. memperlancar seluruh kegiatan di lingkungannya
C. menciptakan masyarakat yang mematuhi peraturan
D. menciptakan hubungan yang rukun dan harmonis.
UN-SMP-06-05
Sebagai warga negara yang beragama memiliki harkat
dan martabat yang sama, untuk itulah perlu dikembangkan
sikap ...
A. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
B. dapat bergaul dengan orang yang kita senangi
C. tidak sewenang-wenang terhadap orang lain
D. selalu mengikuti keinginan dan orang tua
UN-SMP-06-06
Peristiwa 28 Oktober 1928 merupakan suatu landasan
yang kuat dalam perjuangan kemerdekaan bangsa
Indonesia yaitu....
A. timbulnya semangat juang para pemuda
B. merupakan organisasi perintis perjuangan bangsa
C. mantapkan rasa kebersamaan dalam berorganisasi
D. tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa
Indonesia
UN-SMP-06-07
Contoh perilaku rela berkorban dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah antara lain …
A. membela teman yang lagi berkelahi
B. menyisihkan uang saku/jajan untuk membantu
korban bencana alam
C. mengganti uang teman yang dipinjam
D. mengakui kesalahan sendiri di depan umum
UN-SMP-06-08
Pasal 29 ayat 2 UUD 1945 menjamin kebebasan tiaptiap
penduduk untuk ...
A. memeluk agama dan menjalankan ibadah
B. mengeluarkan pendapat dan berorganisasi
C. memperoleh pekerjaan dan kehidupan yang layak
D. membela dan mempertahankan Negara


UN-SMP-06-09
Salah satu wujud kesederhanaan hukum yang dapat
dilakukan oleh siswa di sekolah adalah ...
A. rajin dan tekun belajar
B. aktif dalam semua kegiatan OSIS
C. selalu mengerjakan tugas dari guru
D. mentaati peraturan tata tertib sekolah
UN-SMP-06-10
Perhatikan pernyataan berikut!
1. menyisihkan sebagian penghasilan untuk
ditabung
2. mengurangi kebutuhan hidup sehari-hari
3. dapat memanfaatkan sesuatu yang dimiliki
4. menyesusaikan diri dengan lingkungan
kehidupan
5. membudayakan hidup yang bersifat konsumtif
6. membiasakan hidup wajar sesuai dengan
kemampuan
Dari pernyataan di atas yang sesuai dengan pola hidup
sederhana adalah …
A. 1, 3 dan 6
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 5 dan 6
D. 3, 4 dan 5
UN-SMP-06-11
Menjalin hubungan kerjasama antarbangsa bertujuan
untuk ...
A. memperkuat pertahanan negara
B. menciptakan perdamaian dunia
C. meningkatkan pendapatan negara
D. menambah devisa negara
UN-SMP-06-12
Kerjasama antara Indonesia dan Jepang bersifat ...
A. Regional
B. Bilateral
C. Internasional
D. Multilateral
UN-SMP-06-13
Sikap warga Negara yang setia terhadap pembangunan
nasional adalah ...
A. mau bekerja meskipun tidak diberi uang
B. menyerahkan sebagian kekayaannya
C. tidak bersedia bekerja ditempat terpencil
D. selalu bekerjakeras sesuai kemampuan
UN-SMP-06-14
Salah satu contoh kebiasaan hidup bersih dan sehat
yang dilakukan siswi di sekolah adalah …
A. duduk di kelas dengan tertib dan rapi
B. mengecat dinding kelas
C. membuang sampah pada tempatnya
D. mengucapkan salam apabila masuk kelas
UN-SMP-06-15
Seseorang dikatakan bersikap bersih menurut aturan
agama apabila ...
A. perbuatan sesuai dengan ucapan
B. selalu menjaga kebersihan diri
C. terhindar dari berbagai penyakit
D. jujur dalam ucapan dan perbuatan
UN-SMP-06-16
Contoh menjaga harga diri dalam pergaulan adalah ...
A. berpenampilan baik di hadapan umum
B. menepati janji yang telah dibuat
C. selalu tenang dalam menghadapi masalah
D. memiliki percaya diri yang tinggi
UN-SMP-06-17
Sikap disiplin sangat diperlukan bagi seseorang,
contohnya antara lain ...
A. dapat mengerjakan tugas dengan baik
B. melaksanakan tugas sesuai ketentuan
C. hasil pekerjaan sangat memuaskan
D. mengerjakan tugas sesuai dengan kemauan
UN-SMP-06-18
Pengendalian diri dalam kehidupan masyarakat harus
dibina karena dapat menciptakan kehidupan yang ...
A. aman, tentram, seimbang
B. tenang, sejahtera, bahagia
C. selaras, sejahtera, seimbang
D. adil, makmur, sentosa
UN-SMP-06-19
Salah satu contoh pengendalian diri dalam kehidupan
sehari-sehari adalah ...
A. membeli sesuatu sesuai keinginan
B. mengikuti gaya hidup orang lain
C. tidak memakai perhiasan berlebihan
D. memberikan sesuatu kepada orang lain
UN-SMP-06-20
Di bawah ini merupakan perbuatan yang mencerminkan
kepatuhan terhadap norma/peraturan yang berlaku
...
A. meniyisihkan uang untuk ditabung
B. memakai helm saat mngendarai motor karena takut
ditilang
C. membayar pajak tepat pada waktunya
D. menolong orang yang sedang kesulitan
UN-SMP-06-2
Yang bertugas dalam memutuskan perkara di
pengadilan adalah ...
A. Hakim
B. Jaksa
C. Pengacara
D. Polisi
UN-SMP-06-22
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang
sama dalam hukum dan pemerintahan. Hal ini diatur
dalam UUD 1945 pasal ...
A. 26
B. 27 ayat (l)
C. 28 ayat (l)
D. 29 ayat (l)
UN-SMP-06-2
Hak Warga negara dalam bidang politik berdasarkan
UUD 1945 adalah ...
A. menjadi anggota koperasi
B. membela negara
C. mendirikan sekolah
D. berserikat dan berkumpul
UN-SMP-06-25
Warga negara Indonesia yang baik dalam melaksanakan
hak dan kewajiban ditunjukan dengan perilaku di
bawah ini ...
A. menuntut hak terlebih dahulu dan pada kewajiban
B. mendahulukan hak daripada kewajiban
C. kewajiban dan hak dilakukan secara bergiliran
D. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
UN-SMP-06-25
Diantara norma-norma yang ada dalam kehidupan
masyarakat yang memiliki sangsi yang paling tegas
adalah ...
A. agama
B. kesusilaan
C. hukum
D. kesopanan
UN-SMP-06-26
Patuh terhadap peraturan yang berlaku dalam
masyarakat berarti kita ...
A. mematuhi hukum yang berlaku
B. memanami tata tertib masyarakat
C. menghayati setiap Undang-undang
D. membuat hukum masing-masing
UN-SMP-06-27
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. menuruti nasehat orang tua
2. menaati rambu-rambu lalu lintas
3. minta maaf jika melakukan kesalahan
4. membayar pajak pada waktunya
5. berpakaian secara sopan
6. membuang sampah pada tempatnya
Pada pernyataan di atas contoh perbuatan yang sesuai
norma hukum adalah ...
A. 1, 3 dan 5
B. 1, 2 dan 6
C. 1, 3 dan 6
D. 3, 5 dan 6
UN-SMP-06-28
Perbuatan yang mencerminkan ketaatan dan kepatuhan
terhadap peraturan yang berlaku di sekolah adalah ...
A. menata pekarangan sekolah sesuai anjuran guru
B. mengunjungi perpustakaan setiap hari
C. mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai
ketentuan
D. memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki
sekolah
UN-SMP-06-29
Salah satu contoh sikap rukun antara umat beragama
adalah ...
A. bersama-sama mendirikan organisasi keagamaan
B. beribadah secara bersama-sama
C. memecahkan masalah agama bersama-sama
D. menghormati umat beragama lain yang sedang
beribadah
UN-SMP-06-30
Cara membina kerukunan hidup antarumat beragama
dapat dilakukan dengan cara ...
A. mengendalikan diri dan menumbuhkan sikap
saling menghormati antar umat beragama
B. meningkatkan keimanan masing-masing pemeluk
agama
C. menumbuhkan rasa percaya diri antar pemeluk
agama
D. ikut merasakan musibah yang dialami umat
beragama
UN-SMP-06-31
Kedaulatan ke dalam suatu negara berarti bahwa
negara tersebut bebas ...
A. membantu negara lain
B. mengakui kemerdekaan bangsa lain dan negara lain
C. mengadakan hubungan kerjasama dengan negara
lain
D. membentuk pemerintahan sendiri
UN-SMP-06-32
Yang merupakan ciri-ciri dari teori kedaulatan rakyat
adalah ...
A. pemimpin pemerintahan dianggap dewa
B. hukum merupakan sesuatu yang tertinggi
C. adanya partisipasi rakyat dalam pemerintahan
D. kepala pemerintahan adalah seorang raja
UN-SMP-06-33
Kedaulatan yang dianut R.I seperti tercermin dalam 7
kunci pokok sistem pemerintahan Indonesia adalah ...
A. kedaulatan rakyat
B. kedaulatan negara
C. kedaulatan Tuhan
D. kedaulatan pemerintahan
UN-SMP-06-34
Contoh peran serta masyarakat dalam pemerintahan
adalah ...
A. membantu petugas sensus penduduk untuk
mendata penduduk
B. melaksanakan siskamling
C. membentuk karang taruna
D. memelihara satwa langka yang :dilindungi negara
UN-SMP-06-35
Makna kesanggupan diri berperan serta dalam
pembangunan adalah ...
A. kesediaan dalam mengisi pembangunan
B. kesediaan membantu pemerintahan dalam
mensukseskan pembangunan nasional
C. kesediaan dan kemampuan berperan serta dalam
pembangunan
D. kesediaan dan kepercayaan pada diri sendiri
terhadap pembangunan nasional
UN-SMP-06-36
Hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan
...
A. yang merata di seluruh tanah air serta dapat
dirasakan oleh rakyat
B. dari, oleh dan untuk rakyat yang meliputi semua
aspek kehidupan
C. manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat
seluruhnya
D. berencana dan terpadu dalam meningkatkan
kesejahteraan rakyat.
UN-SMP-06-37
Dibawah ini yang bukan termasuk Trilogi pembangunan
adalah ...
A. delapan jalur pemerataan pembangunan nasional
B. pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya
C. pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi
D. stabilitas nasional yang cukup tinggi
UN-SMP-06-38
Salah satu syarat dipilih dalam pemilu adalah ...
A. Warga negara asli bukan keturunan
B. Pendidikan minimal S-1
C. WNI yang telah berusia 21 tahun dan bertaqwa
pada Tuhan YME
D. bertempat tinggal di Indonesia
UN-SMP-06-39
Sistem pemilu yang dilaksanakan pada pemilu 2004
adalah ...
A. propesional/perwakilan berimbang
B. distrik
C. daftar calon tertutup
D. demokrasi
UN-SMP-06-40
Berperan serta dalam pemilu dapat diwujudkan dengan
cara ...
A. menggunakan hak pilihnya dengan baik
B. mengakui hasil pemilu
C. menghormati hak-hak pemilih dengan baik
D. mengamati pelaksanaan pemilu
UN-SMP-06-41
Sistem perekonomian Indonesia yang berdasarkan
UUD adalah ...
A. memberikan kebebasan bersaing kepada
masyarakat
B. usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan
C. pemusatan kekuatan ekonomi pada rakyat banyak
D. usaha bersama dikuasai negara sepenuhnya
UN-SMP-06-42
Tata kehidupan perekonomian Indonesia menurut pasal
33 ayat 1 harus berdasarkan atas asas ...
A. ekonomi pasar bebas
B. kekeluargaan
C. kapitalisme
D. Etatisme
UN-SMP-06-43
Contoh perbuatan yang menggambarkan prinsip
keadilan adalah ...
A. Memberikan sesuatu sama besar sesuai jenis
kelaminnya
B. seorang ayah memberikan uang jajan anaknya
sama rata
C. memberikan upah sama besamya pada setiap
karyawan
D. memberikan upah sesuai dengan pekerjaannya
UN-SMP-06-44
Sukses tidaknya pembanguhan nasional tergantung
pada ...
A. pemerintah
B. negara
C. masyarakat
D. segenap masyarakat Indonesia
UN-SMP-06-45
Bentuk usaha yang sesuai dengan asas kekeluargaan
adalah ...
A. PT
B. Perum
C. Koperasi
D. CV
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
UN-SMP-06-46
Sebutkan 4 pasal UUD yang menjamin hak dan
kewajibab warga negara Indonesia!
UN-SMP-06-47
Berikan 3 contoh perbuatan yang sesuai dengan pola
hidup sederhana!
UN-SMP-06-48
Sebutkan 3 contoh tolerasi/hormat menghormati antar
umat beragama !
UN-SMP-06-49
Sebutkan ciri-ciri negara yang harus dihindari dalam
kehidupan perekonomian Indonesia!
UN-SMP-06-50
Sebutkan 4 jenis keadilan menurut Arsitoteles !
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Planet Soal - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger