Home » » Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional Tahun 1992 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional Tahun 1992 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

EBTANAS-SMP-92--01
Yang membedakan sikap orang taat beribadah dengan orang yang tidak taat beribadah dapat dilihat dari …
A. tingkah laku dan perbuatan sehari-hari
B. lancar tidaknya dalam memberikan ceramah
C. cara menerapkan ilmunya dalam masyarakat
D. banyak sedikitnya ilmu pengetahuan yang dimiliki
EBTANAS-SMP-92--02
Menghormati agama orang lain yang berbeda keyakinannya perlu sekali karena…
A. merupakan perintah agama
B. akan menerima ganjaran di akhirat nanti
C. menimbulkan rasa persaudaraan yang tinggi
D. semua agama itu sebenarnya sama
EBTANAS-SMP-92--03
Kerukunan hidup beragama sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara Indonesia, karena dapat …
A. mempercepat proses persatuan dan kesatuan
B. meningkatkan taraf hidup rakyat banyak
C. memperbaiki kehidupan rakyat Indonesia
D. mendorong kemajuan bangsa dan negara
EBTANAS-SMP-92--04
Memaksakan suatu ajaran agama kepada orang yang beragama lain berakibat …
A. mengganggu suatu agama
B. timbul rasa takut umat beragama lain
C. mengurangi keimanan umat beragama lain
D. timbul keresahan dalam masyarakat
EBTANAS-SMP-92--05
Percaya dan takwa kepada Tuhan YME mendorong manusia berbuat …
A. benar, adil dan bijaksana, karena Tuhan itu Maha Benar
B. salah, karena Tuhan itu Maha Pengampun
C. fanatik pada agamanya karena Tuhan menghendakinya
D. gembira, karena Tuhan itu Maha Pengasih
EBTANAS-SMP-92--06
Salah satu contoh sikap menghormati pemeluk agama lain dalam beribadah …
A. tidak mengganggu mereka
B. membantu mempersiapkan mereka
C. mengikuti kegiatan mereka
D. melindungi kegiatan mereka
EBTANAS-SMP-92--07
Kewajiban WNI sebagai anggota masyarakat antara lain …
A. membayar pajak apabila mendapat peringatan
B. mematuhi peraturan lalu lintas bila ada POLANTAS
C. membayar pajak dengan tertib sesuai ketentuan
D. membayar pajak untuk sebagian yang diwajibjan
EBTANAS-SMP-92--08
Sikap yang tepat harus dilakukan terhadap penjajah yang menyebabkan adanya penderitaan seperti yang ditegaskan dalam Pembukaan UUD ’45 ialah …
A. setiap penjajah harus kita lawan
B. penjajah harus diusir dari Indonesia
C. penjajahan di atas dunia harus kita hapuskan
D. penjajahan harus mau membayar ganti rugi yang memadai
EBTANAS-SMP-92--09
Sikap terbaik dalam menghadapi orang lain yang tertimpa musibah …
A. mendoakan kesembuhan yang tertimpa musibah
B. ikut prihatin atas terjadinya musibah
C. memberikan bantuan yang diperlukan
D. menanyakan sebab-sebab terjadnya musibah
EBTANAS-SMP-92--10
Hak milik peribadi harus berfungsi sosial, mengandung pengertian bahwa hak milik dapat …
A. dimanfaatkan oleh orang lain
B. dimanfaatkan oleh masyarakat
C. bermanfaat untuk menolong oarng lain
D. harus digunakan untuk kegiatan sosial
EBTANAS-SMP-92--11
Sewaktu pulang sekolah saya melihat ada orang terlanggar mobil sehingga luka parah. Sikap saya yang terbaik …
A. cepat memberi tahu keluarganya
B. mendoakan agar korban selamat
C. menolong korban dan melapor polisi
D. menghubungi rumah sakit untuk mengirim ambulans
EBTANAS-SMP-92--12
Manfaat mengunjungi teman yang sakit bagi si penderita ialah dapat menimbulkan …
A. senang tetapi hanya untuk teman-teman tertentu
B. perasaan senang karena mendapat buah tangan
C. kurang senang karena merasa terganggu
D. perasaan senang dan terhibur sehingga mengurangi sakit


EBTANAS-SMP-92--13
Berikut ini contoh sikap mengendalikan tingkah laku dan tutur kata dalam hidup bermasyarakat, kecuali …
A. sikap tenggang rasa
B. mengutamakan kepentingan umum
C. menghormati orang lain
D. mau menang sendiri
EBTANAS-SMP-92--14
Dampak positif dari sikap tenggang rasa dalam pergaulan ialah …
A. mempunyai banyak teman
B. menumbuhkan rasa simpati kawan
C. membuat kawan senang
D. sukses dalam hidup bermasyarakat
EBTANAS-SMP-92--15
Tingkah laku dan tutur kata yang tidak terkendali dapat menimbulkan dampak negatif yaitu …
A. kurang disenangi dalam pergaulan
B. tersingkir dari kehidupan masyarakat
C. menimbulkan ketegangan hidup bermasyarakat
D. merenggangkan tali persaudaraan
EBTANAS-SMP-92--16
Salah satu perbuatan di bawah ini adalah merupakan contoh kehidupan yang mewah dan dapat menyinggung perasaan orang lain, yaitu …
A. bersepeda motor ke sekolah
B. berpakaian rapi ke sekolah
C. berkendaraan umum ke sekolah
D. bermobil pulang pergi ke sekolah
EBTANAS-SMP-92--17
Perbuatan yang merendahkan nilai kemanusiaan misalnya …
A. membawa penderita untuk berobat ke paranormal
B. membiarkan korban kecelakaan tergeletak di jalan raya
C. memiliki perasaan akal budi
D. menggunakan akal budi dan berfikir
EBTANAS-SMP-92--18
Salah satu contoh dari kemampuan manusia dari daya pikirnya antara lain …
A. membela kebenaran dan keadilan
B. dapat mengembangkan kebudayaan
C. mentaati semua peraturan yang ada
D. mendahulukan kepentingan umum
EBTANAS-SMP-92--19
Perbuatan yang merendahkan nilai kemanusiaan misalnya …
A. membawa penderita untuk berobat ke paranormal
B. membiarkan korban kecelakaan tergeletak di jalan raya
C. membiarkan pengemis kehujanan
D. kurang memperhatikan nasib kaum miskin
EBTANAS-SMP-92--20
Bila kita berbuat sewenang-wenang terhadap sesama manusia, dapat menimbulkan akibat …
A. menyinggung perasaan orang lain
B. menurunkan derajat dan martabat manusia
C. mengganggu ketentraman umum
D. masyarakat dicekam rasa ketakutan
EBTANAS-SMP-92--21
Dasar terjadinya sikap saling menghormati antar bangsa ialah semua manusia …
A. berasal dari keturunan yang sama
B. mempunyai hak dan kewajiban yang sama
C. mempunyai hak dan kebebasan yang sama
D. mempunyai harkat dan martabat yang sama
EBTANAS-SMP-92--22
Manfaat kerja sama antarbangsa ialah …
A. untuk mengetahui kemajuan bangsa lain
B. sebagai penunjang pelaksanaan pembangunan
C. untuk mengukur sejauh mana kemajuan bangsanya
D. mamesukkan unsur-unsur budaya pada bangsa lain
EBTANAS-SMP-92--23
Hubungan antara peristiwa sumpah pemuda tahun 1928 dan persatuan dan kesatuan bangsa ialah …
A. sebagai titik awal lahirnya persatuan dan kesatuan bangsa
B. cita-cita Kongres Pemuda I tahun 1928 dapat tercapai
C. pemuda pada waktu itu lebih bersemangat lagi
D. kepeloporan Budi Utama betul-betul tidak sia-sia
EBTANAS-SMP-92--24
Berikut ini bukti kejayaan kerajaan Sriwijaya pada abad VII, kecuali …
A. sebagai pusat perniagaan di kawasan Asia Tenggara
B. sebagai pusat pengembangan agama hindu
C. memiliki armada laut yang kuat
D. sebagai pusat pengembangan agama Budha
EBTANAS-SMP-92--25
Perbuatan yang bernilai kepahlawanan adalah …
A. menjadi anggota HANSIP
B. siap membela negara
C. mau menjaga ketertiban di masyarakat
D. menjadi anggota ABRI
EBTANAS-SMP-92--26
Suatu perbuatan seorang pahlawan pembangunan dalam bidang kesehatan …
A. mendirikan yayasan pendidikan di daerah terpencil
B. nenemukan suatu obat penyakit yang langka
C. ikut serta dalam pemberantasan buta huruf
D. ikut serta dalam usaha menumpas pemberontakan
EBTANAS-SMP-92--27
Aneka ragam budaya daerah mendorong untuk mempererat persatuan bangsa, sebab kebudayaan daerah merupakan …
A. kekayaan budaya Indonesia harus dikenal
B. milik bangsa Indonesia secara turun menurun
C. modal budaya bangsa yang harus dilestarikan
D. mudah untuk mengadakan komunikasi
EBTANAS-SMP-92--28
Pergaulan yang baik dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan karena …
A. tidak menimbulkan perpecahan
B. memudahkan dalam mencari pekerjaan
C. akan memperoleh taman banyak
D. mudah mengadakan komunikasi
EBTANAS-SMP-92--29
Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting, agar …
A. dapat menambah kemampuan bangsa Indonesia mempertahankan wilayah RI
B. dapat mengurangi perpecahan antara suku bangsa yang ada
C. pembangunan yang dilaksanakan dapat berjalan lancar sukses
D. untuk mencegah usaha bangsa lain memecah belah bangsa Indonesia
EBTANAS-SMP-92--30
Kita harus memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dengan sikap …
A. ska bekerja bakti demi kepentingan warga
B. memperkokoh paersatuan dan kesatuan demi golongannya
C. menjaga kebersihan kampung untuk kepentingan bersama
D. menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi
EBTANAS-SMP-92--31
Sebagai perwujudan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa kita harus merasa bangga bila …
A. mendatangkan barang-barang luar negeri
B. memakai barang buatan dalam negeri
C. memakai barang-barang imitasi
D. memakai barang produksi luar negeri
EBTANAS-SMP-92--32
Yang berkewajiban membela negara ialah …
A. ABRI
B. penduduk
C. pemerintah
D. seluruh warga negara
EBTANAS-SMP-92--33
Fungsi bahasa Indonesia bagi persatuan dan kesatuan bangsa antara lain …
A. modal dalam membina bangsa
B. tolok ukur persatuan sudah kokoh
C. alat komunikasi antar suku bangsa
D. sarana untuk memajukan bangsa
EBTANAS-SMP-92--34
Salah satu cara untuk mewujudkan kebudayaan Indonesia adalah …
A. mengadakan pertukaran kebudayaan dengan bangsa lain
B. menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
C. mengadakan pagelaran seni di negara sahabat
D. memadukan kebudayaan daerah dengan kebudayaan asing
EBTANAS-SMP-92--35
Sikap Orde Baru terhadap Pancasila dan UUD 1945 adalah …
A. melaksanakan secara murni dan konsekuen
B. meningkatkan pemerintah yang tertib dan teratur
C. melaksanakan pembangunan sesuai dengan kemampuan
D. melaksanakan sistem pemerintahan demokrasi Pancasila
EBTANAS-SMP-92--36
Suatu hal yang dapat tercapai dengan cara musyawarah adalah …
A. yang berhubungan dengan kepentingan bersama
B. yang ada hubungannya dengan kepentingan golongan
C. yang berhubungan dengan kepentingan keluarga
D. terciptanya kesepakatan dan kebulatan bersama
EBTANAS-SMP-92--37
Pentingnya memahami orang lain dalam pergaulan masyarakat ialah …
A. tidak menimbulkan perpecahan
B. mempermudah mendapat kepercayaan
C. membantu mencari keuntungan
D. mempermudah menjadi sukses
EBTANAS-SMP-92--38
Yang dimaksud dengan kesadaran hukum ialah orang yang …
A. menaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku
B. selalu menuruti apa yang ditugaskan kepadanya
C. berusaha agar masyarakatnya menjadi lebih tertib
D. memahami semua peraturan perundangan yang ada
EBTANAS-SMP-92--39
Mentaati undang-undang yang berlaku berarti pula telah melaksanakan hasil …
A. musyawarah bersama dalam DPR
B. perjanjian bersama dalam masyarakat
C. pemungutan suara dalam PEMILU
D. persetujuan bersama dalam organisasi
EBTANAS-SMP-92--40
Pentingnya musyawarah dalam keluarga adalah untuk …
A. memecahkan masalah secara bersama
B. mengutamakan kepentingan bersama
C. kesepakatan agar tidak terjadi perpecahan
D. melaksanakan kepentingan keluarga
EBTANAS-SMP-92--41
Suatu cara mengambil keputusan yang terbaik dalam masyarakat adalah keputusan berdasarkan …
A. pemungutan suara
B. musyawarah mufakat
C. kebijaksanaan pimpinan
D. suara mayoritas
EBTANAS-SMP-92--42
Lembaga yang melaksanakan kedalautan rakyat sesuai dengan UUD 1945 …
A. DPR
B. MPR
C. Presiden
D. DPA
EBTANAS-SMP-92--43
Jalan keluar dalam mengambil keputusan jika pendapat sulit ditemukan …
A. dengan suara terbanyak
B. diserahkan kepada ketua
C. keputusan ditunda lagi
D. dengan melakukan aklamasi
EBTANAS-SMP-92--44
Faktor yang harus ditonjolkan dalam pelaksanaan musyawarah adalah …
A. kedudukan dan peranan
B. rasa tanggung jawab
C. rasa setia kawan
D. akal dan moral
EBTANAS-SMP-92--45
Nilai mayoritas yang menjadi landasan dan pegangan dalam musyawarah ialah …
A. taat pada putusan sidang
B. hati nurani luhur
C. etika yang baik
D. pendapat yang baik
EBTANAS-SMP-92--46
Sifat-sifat keputusan musyawarah yang dapat dipertanggung jawabkan ialah …
A. keputusan yang tidak menimbulkan pro dan kontra
B. keputusan yang didukung mayoritas anggota
C. keputusan yang melalui perdebatan yang lama
D. keputusan yang disetujui ketua sidang
EBTANAS-SMP-92--47
Salah satu ciri keputusan bermutu tinggi, yakni …
A. sesuai dengan peraturan yang berlaku
B. selaras dengan harkat dan martabat manusia
C. mampu menegakkan kebenaran menurut penguasa
D. telah dimusyawarahkan berkali-kali
EBTANAS-SMP-92--48
Salah satu contoh tindakan yang bersifat adil terhadap sesama ialah …
A. memberi uang saku sama kepada putra-putranya yang tingkat sekolahnya berbeda
B. pendirian tempat ibadah kepada umat Islam lebih banyak daripada Hindu
C. memberi upah yang sama kepada semua pekerja sekantor
D. tiap pencuri ayam dihukum sama tiga bulan lamanya
EBTANAS-SMP-92--49
Sikap yang terbaik menghormati hak orang lain, misalnya …
A. bila tidak mempunyai uang suka meminjam kepada temannya
B. bila sepeda temannya kotor, mau membersihkan-nya
C. bila meminjam buku, mau mengembalikan tepat waktu
D. bila temannya memerlukan, senang meminjamkan-nya
EBTANAS-SMP-92--50
Salah satu fungsi hak milik seseorang ialah dapat …
A. dipakai untuk membantu keluarga
B. dipakai untuk membentu korban bencana alam
C. dipakai untuk membangun negara
D. dipakai untuk menolong orang lain
EBTANAS-SMP-92--51
Salah satu contoh perbuatan yang dapat merugikan kepentingan umum …
A. sering tidak masuk sekolah
B. tidak mematuhi peraturan kampung
C. tidak melaksanakan tugas keluarga
D. tidak melaksanakan ibadah dengan baik
EBTANAS-SMP-92--52
Kebiasaan bekerja keras dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara …
A. memanfaatkan waktu belajar untuk kegiatan lain
B. memanfaatkan waktu bekerja untuk membaca koran
C. memanfaatkan waktu olahraga sebaik-baiknya
D. memanfaatkan waktu bekerja sebaik-baiknya
EBTANAS-SMP-92--53
Bekerja dengan cara gotong royong ialah suatu perbuatan luhur karena …
A. pekerjaan itu akan meringankan orang lain
B. pekerjaan itu dikerjakan orang banyak
C. dapat menghemat biaya dan waktu
D. dapat meningkatkan kesejahteraan bersama
EBTANAS-SMP-92--54
Contoh kebiasaan tolong menolong yang sering dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat adalah …
A. sering menasehati agar hidup berhati-hati
B. memberi bantuan tetangga yang sedang tertimpa kesusahan
C. melakukan kerja bakti untuk kebersihan kampung
D. meminjamkan uang dengan sedikit imbalan
EBTANAS-SMP-92--55
Contoh hidup sederhana yang perlu dikembangkan oleh siswa ialah …
A. di sekolah tidak pernah jajan
B. jalan kaki kalau berangkat sekolah
C. gemar menabung secara rutin
D. pakaian seragam cukup sepasang
EBTANAS-SMP-92--56
Cara menghargai kara orang lain ialah …
A. memuji dan berusaha untuk memilikinya
B. mengkritik agar karya selanjutnya lebih baik
C. berusaha memiliki, memelihara dan memanfaat-kannya
D. membelinya dengan harga mahal untuk kebangga-annya
EBTANAS-SMP-92--57
Sesuai pasal 27 UUD 1945 dan kewajiban warga negara Indonesia dapat meliputi bidang-bidang kehidupan seperti tersebut ini, kecuali …
A. yuridis
B. ekonomi
C. sosial
D. HANKAM
EBTANAS-SMP-92--58
Keseimbangan hak dan kewajiban warga negara Indonesia yang diatur UUD 1945 di dalam pelaksanaannya haruslah …
A. mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak
B. melaksanakan kewajiban dan menerima hak bersama
C. mendahulukan hak daripada kewajiban
D. mendahulukan kewajiban tanpa menuntut hak
EBTANAS-SMP-92--59
Salah satu cara mencegah sifat boros ialah …
A. tidak menggunakan pembantu rumah tangga
B. menyediakan menu makanan sederhana
C. gemar menabung demi masa depan
D. uang saku sekolah secukupnya
EBTANAS-SMP-92--60
Hubungan partisipasi dalam pelaksanaan pembangunan dengan tujuan pembangunan adalah …
A. sebagai pendorong lancarnya pembangunan
B. akan mempercepat berhasilnya tujuan pembangunan
C. sebagai pendukung pelaksanaan pembangunan
D. bukti sudah ikut aktif dalam pembangunan
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Planet Soal - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger