Home » » Ujian Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tahun 2006

Ujian Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tahun 2006

UN-SMP-06-0
Melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi
semua larangan-Nya termasuk pengertian ...
A. iman
B. taqwa
C. ibadah
D. Islam
UN-SMP-06-02
Sikap warga negara yang bangga bertanah air
Indonesia adalah ...
A. bangga menggunakan barang-barang produksi luar
negeri
B. bangga menggunakan barang-barang produksi
dalam negeri
C. menganggap produksi luar negeri lebih bagus
daripada dalam negeri
D. menganjurkan untuk menggunakan produksi dalam
negeri
UN-SMP-06-03
Contoh perilaku sebagai seorang pelajar adalah ...
A. bekerja keras tanpa mengenal waktu
B. belajar dengan baik ketika akan menghadapi
ulangan
C. be1ajar dengan teratur, mengerjakan PR, datang ke
sekolah tepat waktu
D. belajar berkelompok karena akan menghadapi
ujian nasional
UN-SMP-06-04
Sikap tenggang rasa dalam kehidupan beragama antara
lain ...
A. menghormati orang lain yang sedang melaksanakan
ibadah
B. beribadah bersama dengan penganut agama lain
C. menyuruh orang lain untuk melaksanakan ibadah
D. umat non-muslim ikut berpuasa di bulan
Ramadhan
UN-SMP-06-05
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Beban berat menjadi ringan
2. Menghormati hak dan kewajiban orang lain
3. Mempererat rasa kekeluargaan
4. Pekerjaan akan cepat selesai
5. Masalah yang dapat diselesaikan
Dan pernyataan di atas, yang merupakan makna gotong
royong adalah ...
A. 1 – 2 – 3
B. 2 – 3 – 5
C. 1 – 3 – 4
D. 2 – 4 – 5
UN-SMP-06-06
Si Badu malu bertindak sewenang-wenang terhadap
orang lain karena , tindakan itu ...
A. akan merugikan dirinya
B. akan merugikan orang lain
C. tidak menghargai harkat, martabat, dan derajat
manusia
D. akan merugikan lingkungannya
UN-SMP-06-07
Senjata yang ampuh dalam mengusir penjajah dan
berhasil dalam memproklamasikan kemerdekaan
adalah …
A. semangat yang tinggi dari bangsa Indonesia
B. tinggi rasa persatuan dan kesatuan
C. senjata bambu runcing yang ditakuti penjajah
D. banyaknya jumlah para pejuang bangsa
UN-SMP-06-08
Perilaku yang menunjukkan rela berkorban dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
A. senang membantu orang lain
B. menengok orang yang sakit
C. membantu pekerjaan orang tua
D. merelakan sebagian tanahnya untuk pelebaran
jalan


UN-SMP-06-09
Pasal 29 ayat 1 UUD 1945 menjamin setiap penduduk
untuk ...
A. memeluk agama dan beribadah sesuai dengan
keyakinannya masing-masing
B. mengeluarkan pendapat dan berorganisasi
C. memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang
layak
D. memperoleh pendidikan dan pengajaran
UN-SMP-06-10
Melangkahi orang tua yang sedang duduk merupakan
perbuatan yang bertentangan dengan ...
A. ajaran agama yang dianut
B. norma kesopanan
C. norma hukum
D. norma kesusilaan
UN-SMP-06-11
Berikut ini merupakan ciri-ciri dari kesederhanaan,
kecuali ...
A. hidup cermat
B. hidup hemat
C. hidup kikir
D. tidak bergaya hidup mewah
UN-SMP-06-12
Sikap yang perlu dikembangkan untuk menunjukkan
kerja sama antarumat beragama adalah ...
A. tidak mengganggu umat beragama lain yang
sedang beribadah
B. mau bekerja sama dengan pemeluk agama lain
dalam beribadah
C. bersedia mengembangkan ajaran agama lain
D. membangun tempat beribadah bersama-sama
UN-SMP-06-13
Pernyataan di bawah ini merupakan pernyataan akan
kesetiaan pada bangsa dan negara, kecuali ...
A. cinta dan rela membela tanah air dan bangsa
B. patuh dan taat dalam melaksanakan peraturan yang
berlaku
C. bekerja keras untuk kemakmuran diri sendiri dan
keluarganya
D. memiliki disiplin yang tinggi dalam melaksanakan
tugas bangsa dan negara
UN-SMP-06-14
Seseorang yang mampu menjaga nama baik dengan
selalu menaati peraturan yang berlaku berarti telah
melaksanakan kebersihan dalam bidang ...
A. hukum
B. sosial
C. keagamaan
D. kemasyarakatan
UN-SMP-06-15
Hak dasar atau hak pokok yang dimiliki sejak lahir dan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa merupakan
pengertian dari ...
A. hak kebebasan manusia
B. hak azasi manusia
C. hak dan kewajiban manusia
D. kewajiban manusia
UN-SMP-06-16
Salah satu contoh pengendalian diri dalam kehidupan
sehari-hari adalah ...
A. membela sesuatu sesuai dengan keinginan
B. tidak memakai perhiasan yang berlebihan
C. mengikuti gaya hidup mewah orang lain
D. memberikan sesuatu pada orang lain dengan
senang hati
UN-SMP-06-17
Setiap warga negara dituntut ikut berpartisipasi dalam
usaha pembangunan. Seorang siswa dikatakan ikut
berpartisipasi dalam pembangunan seandainya ...
A. ikut bekerja bakti membersihkan jalan
B. selalu mengikuti upacara bendera
C. datang ke sekolah tepat waktu
D. belajar dengan baik dan teratur serta mematuhi tata
tertib
UN-SMP-06-18
Pernyataan di bawah ini yang merupakan perilaku rela
berkorban dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ...
A. menyisihkan waktu untuk membantu orang tua
B. selalu mendahulukan kepentingan umum daripada
kepentingan pribadi
C. selalu membela teman yang sedang berkelahi
D. selalu membayar pajak tepat pada waktunya
UN-SMP-06-1
Sikap siswa yang menampilkan perilaku disiplin dalam
lingkungan sekolah adalah ...
A. selalu mengikuti darmawisata yang diadakan
sekolah
B. datang ke sekolah tepat waktu dan mematuhi tata
tertib sekolah
C. selalu menghargai teman sekolah
D. menjaga nama baik sekolah
UN-SMP-06-20
Contoh perbuatan yang rnenunjukkan pengendalian diri
dalam bidang ekonomi adalah ...
A. membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan
B. menggunakan uang jajan semuanya
C. senang mentraktir teman di sekolah
D. senang berbelanja di supermarket
UN-SMP-06-21
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Ketika membawa kendaraan, selalu mematuhi
rambu-rambu lalu lintas.
2. Membeli barang sesuai dengan kemampuan.
3. Memberi bantuan sesuai dengan kemampuan.
4. Datang ke sekolah selalu tepat waktu.
5. Bergotong royong membiiat saluran air.
6. Membayar pajak sesuai dengan ketentuan
yang berlaku.
Pernyataan di atas yang sesuai dengan kepatuhan
terhadap peraturan yang berlaku adalah ...
A. 1 – 3 – 6
B. 2 – 4 – 5
C. 1 – 3 – 5
D. 1 – 4 – 6
UN-SMP-06-22
Penegak hukum yang bertugas mengajukan tuntutan
hukum adalah ...
A. hakim
B. jaksa
C. kepolisian
D. polisi
UN-SMP-06-23
Hak dan kewajiban warga negara Indonesia mengenai
usaha pembelaan negara terdapat dalam ...
A. pasal 29 UUD 1945
B. pasal 30 UUD 1945
C. pasal 31 UUD 1945
D. pasal 32 UUD 1945
UN-SMP-06-24
Hak dan kewajiban warga negara Indonesia diatur
dalam pasal ...
A. 27 sampai dengan pasal 34
B. 26 sampai dengan pasal 30
C. 31 sampai dengan pasal 24
D. 18 sampai dengan pasal 34
UN-SMP-06-25
Contoh perilaku warga masyarakat yang memperhatikan
keterlaksanaan hak dan kewajiban warga negara
dalam bermasyarakat di antaranya, kecuali ...
A. taat membayar pajak
B. turut menjaga keamanan lingkungan
C. main hakim sendiri
D. menghargai jasa orang lain
UN-SMP-06-26
Patuh terhadap peraturan yang berlaku dalam masyarakat
berarti kita ...
A. mematuhi hukum yang berlaku
B. memahami tata tertib masyarakat
C. menghargai setiap undang-undang
D. membuat hukum masing-masing
UN-SMP-06-27
Perbuatan yang mematuhi peraturan dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan masyarakat adalah...
A. menyisihkan uang untuk di tabung
B. memakai helm saat berkendaraan motor
C. menolong orang yang sedang kesusahan
D. selalu berhemat
UN-SMP-06-28
Contoh perilaku siswa yang mematuhi peraturan dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah adalah ...
A. tidak mengenakan atribut sekolah
B. selalu menggunakan uang SPP untuk keperluan
sendiri
C. menyontek ketika ulangan
D. selalu mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai
ketentuan
UN-SMP-06-29
Salah satu contoh sikap rukun antarumat beragama
adalah ...
A. beribadah bersama-sama
B. memecahkan masalah agama
C. menghormati umat beragama lain yang sedang
beribadah
D. bersama-sama mendirikan organisasi keagamaan
UN-SMP-06-30
Cara meningkatkan kerukunan hidup antarwarga
negara yang berbeda-beda adalah ...
A. meningkatkan keimanan masing-masing pemeluk
agama
B. menumbuhkan rasa percaya diri antarpemeluk
agama
C. mengendalikan diri dan menumbuhkan sikap
saling menghormati antarumat beragama
D. mengikuti upacara ibadah agama lain
UN-SMP-06-3
Kedaulatan dalam suatu negara berarti bahwa negara
tersebut bebas ...
A. membantu negara lain yang menghendakinya
B. mengadakan hubungan kerja sama dengan negara
lain
C. membentuk pemerintahan sendiri
D. mengakui kemerdekaan bangsa dan negara lain
UN-SMP-06-32
Ciri dari teori kedaulatan rakyat adalah ...
A. hukum merupakan sesuatu yang tertinggi
B. pemimpin pemerintahan dianggap dewa
C. kepala pemerintahan adalah seorang raja
D. adanya partisipasi rakyat dalam pemerintahan
UN-SMP-06-33
Kedaulatan yang dianut negara kesatuan Republik
Indonesia adalah kedaulatan ...
A. rakyat
B. negara
C. Tuhan
D. pemerintahan
UN-SMP-06-34
Contoh bentuk dari peran serta masyarakat dalam
pemerintahan adalah ...
A. melaksanakan Siskamling
B. membentuk karang taruna
C. memelihara satwa langka yang dilindungi negara
D. membantu petugas sensus penduduk untuk mendata
jumlah penduduk
UN-SMP-06-35
Kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan
sesuatu disebut ...
A. kesanggupan diri
B. kesadaran diri
C. kemauan diri
D. kehendak diri
UN-SMP-06-36
Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan
...
A. bangsa yang adil dan makmur
B. rakyat yang berkeadilan sosial
C. manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat
Indonesia seluruhny a
D. masyarakat yang gemah ripah dan berkeadilan
UN-SMP-06-37
Bukan merupakan unsur Trilogi Pembangunan
Nasional adalah ...
A. pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya di
seluruh Indonesia
B. pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi
C. kemajuan antarkota dan desa secara merata
D. stabilitas nasional yang sehat dan merata
UN-SMP-06-38
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Warga negara Indonesia yang sudah berusia
17 tahun atau sudah menikah.
2. Terdaftar dalam Panitia Pemilihan.
3. Pendidikan serendah-rendahnya SLTA atau
sederajat.
4. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
5. Cakap berbicara, membaca, dan menulis
bahasa Indonesia.
6. Serendah-rendahnya berusia 21 tahun atau
lebih.
Dari pernyataan di atas, yang termasuk syarat untuk
dapat dipilih dalam Pemilu adalah ...
A. 1, 2, 3, 4, dan 5
B. 1, 3, 4, 5, dan 6
C. 2, 3, 4, 5, dan 6
D. 1, 2, 3, dan 6
UN-SMP-06-39
Sistem pemilihan yang digunakan di Indonesia adalah
...
A. proporsional dengan daftar calon terbuka
B. sistem multi partai
C. proporsional dengan daftar calon tertutup,
D. sistem distrik
UN-SMP-06-40
Peran serta siswa dalam Pemilu antara lain diwujudkan
dengan cara ...
A. mengikuti rapat di desa
B. ikut kampanye partai
C. beramai-ramai datang ke tempat Pemilu dan TPS
D. menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu
berlangsung
UN-SMP-06-41
Sistem perekonomian di Indonesia yang berdasarkan
azas kekeluargaan merupakan penjabaran dari UUD
1945 ...
A. pasal 31
B. pasal 32
C. pasal 33
D. pasal 34
UN-SMP-06-42
Makna yang terkandung dari pasal 33 UUD 1945
antara lain ...
A. penguasaan atas sumber kekayaan alam dipergunakan
sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat
B. produksi penting yang menguasai hajat hidup
orang banyak harus dikuasai negara
C. pihak swasta baik dalam maupun luar negeri
diberikan kebebasan dalam berusaha
D. badan usaha yang sesuai dengan pasar ini adalah
ekonomi pasar bebas
UN-SMP-06-43
Bukan merupakan ciri-ciri positif perekonomian
Indonesia adalah ...
A. berlandaskan asas kekeluargaan
B. hak milik perseorangan tidak diakui
C. potensi setiap orang dikembangkan sebatas tidak
merugikan kepentingan umum
D. setiap orang memiliki kebebasan dalam memilih
pekerjaan
UN-SMP-06-44
Di bawah ini contoh perbuatan yang termasuk dalam
makna keadilan distributif adalah ...
A. ayah membagikan uang saku pada anak-anaknya
dengan jumlah yang sama
B. seorang pengusaha membayar gaji karyawannya
dengan jumlah yang sama
C. cara rnemberikan penilaian yang sama pada siswa
yang .mengikuti ulangan
D. setiap karyawan digaji berdasarkan pekerjaannya
UN-SMP-06-45
Keberhasilan pelaksanaan pembangunan menuju
terwujudnya keadilan sosial sangat ditentukan oleh ...
A. sarana dan prasarana yang ada
B. kemajuan teknologi modern
C. besarnya dana yang tersedia
D. partisipasi seluruh warga negara beserta
pemerintah
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
UN-SMP-06-42
Sebutkan isi dari Sumpah Pemuda!
UN-SMP-06-47
Berikan 2 (dua) contoh perbuatan pengendalian diri
dalam kehidupan sosial dan budaya!
UN-SMP-06-48
Sebutkan perbedaan antara hukum publik dan hukum
privat!
UN-SMP-06-49
Jelaskan maksud dari Tri Kerukunan Hidup Beragama!
UN-SMP-06-50
Sebutkan 4 (empat) jenis keadilan menurut Aristoteles!
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Planet Soal - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger